Selasa, 30 Oktober 2012

Teori Organisasi Umum (Tugas 1)


Tugas Teori Organisasi UMUM
1. Jelaskan konsep dari teori X dan Y ?
2. Apa yang dimaksud dengan teori manajemen ilmiah ?
3. Coba jelaskan tentang teori matinya birokrasi ?

Jawaban:
1. Teori ini mengemukakan strategi kepemimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi. Konsep terkenal dengan menggunakan asumsi-asumsi sifat dasar manusia. Pemimpin yang menyukai teori X cenderung menyukai gaya kepemimpinan otoriter dan sebaliknya, seorang pemimpin yang menyukai teori Y lebih menyukai gaya kepemimpinan demokratik. Untuk kriteria karyawan yang memiliki tipe teori X adalah karyawan dengan sifat yang tidak akan bekerja tanpa perintah, sebaliknya karyawan yang memiliki tipe teori Y akan bekerja dengan sendirinya tanpa perintah atau pengawasan dari atasannya. Tipe Y ini adalah tipe yang sudah menyadari tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.

2. Teori manajemen ilmiah adalah bagian ketiga dari tiga bagian dasar dari teori klasik organisasi (Hick dan Gullett, 1975). Manajemen ilmiah berbagi dengan teori administrasi dan teori birokrasi yang menekankan pada sisi logika, perintah dan hirarki dalam organisasi.

3. Tema humanistic yang kuat dari para teoretikus Tipe 2 mencapai puncaknya dengan sebuah pidato tentang matinya birokasi. Warren Bennis mengatakan bahwa pengambilan keputusan pada birokrasi yang disentralisasi, kepatuhan pada wewenang, serta pembagian keja yang  sempit diganti dengan stuktur dan didesentralisasi dan demokratis yang diorganisasi di sekitar kelompok yang fleksibel. Pengaruh yang didasarkan kekuasaan  mulai diganti dengan pengaruh yang berasal dari keahlian. Dalam kurun waktu lima puluh tahun, teori telah bergerak dari suatu posisi ektrem ke posisi ektrem lainnya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkeun yang mau komentar.. hayyoo dah jangan sungkan..
:)